Pelatihan Jaringan Informasi Bersama Antar Sekolah (JIBAS) Tahun 2021

SMKN2 – Dalam rangka meningkatkan penggunaan sistem administrasi berbasis digitalisasi bagi tenaga kependidikan di sekolah, maka diadakan kegiatan Pelatihan Jaringan Informasi Bersama Antar Sekolah (JIBAS) Tahun 2021 selama dua hari dimulai tanggal 23 s.d. 24 Desember 2021 di SMK Negeri 2 Pangkalpinang.

Dalam pelatihan kali ini, diikuti oleh Bapak/Ibu tenaga kependidikan sekolah dan para wakil kepala sekolah dengan dinarasumberi oleh Nova Indriani, S.T., M.Pd. yang memberi penjelasan mengenai modul yang ada dalam sistem tersebut. JIBAS bisa diakses secara online dilaman http://sisfosmkn2pkp.id/. Untuk dapat masuk kedalam modul menu pendataan yang ada didalam JIBAS, diperlukan akun masing-masing peserta yang sudah disiapkan oleh admin JIBAS. 

Pendataan data-data yang nantinya akan diolah oleh tenaga kependidikan mencakup data akademik, keuangan, sarana prasarana, kepegawaian, perpustakaan, info guru, dan arsip persuratan (modul letter store). PLT Kepala Sekolah yaitu Muhammad Rafajar, S.Pd., M.Ti. menginginkan sistem ini untuk digunakan secara berkelanjutan dan memberi waktu kepada para peserta pelatihan selama ± 1 bulan agar data-data sudah harus dimasukkan kedalam sistem.

Diharapkan setelah diadakan pelatihan JIBAS ini, dapat memudahkan sistem pengadministrasian sekolah serta menyimpan data-data penting sekolah yang telah lampau agar bisa diakses dengan mudah dikemudian hari.(/dcr)

 

 

Foto :