MoU Pembinaan Konstruksi Uji Sertifikasi

SMKN2 – Persiapan rapid test yang sebelumnya telah dilakukan beberapa hari lalu sebagai keikutsertaan dalam kegiatan sertifikasi kompetensi, diikuti oleh siswa-siswi SMK Negeri 2 Pangkalpinang sebanyak ┬▒ 200 orang. Hari ini (24/8) kegiatan Sertifikasi Kompetensi itu pun terlaksana, sebagaimana pagi ini di Aula SMK Negeri 2 Pangkalpinang nampak berbeda dari biasanya. Tenda dan kursi yang tertata sangat rapi disertai dekorasi panggung kegiatan yang menarik sudah dipersiapkan sedari minggu malam oleh pihak panitia kegiatan dan sekolah. Persiapan secara matang dilakukan demi berlangsungnya kegiatan sertifikasi kompetennsi ini dengan lancar.

Kegiatan Sertifikasi Kompetensi yang diselenggarakan oleh Balai Jasa Konstruksi Wilayah II Palembang dan diassessment (nilai) oleh LPJK (Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi) ini dilakukan secara virtual dan face to face. Hadir secara virtual melalui Zoom Meeting Direktur Jenderal Bina Konstruksi, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung H. Erzaldi Rosman, S.E., M.M., Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Babel Drs. Muhammad Soleh, MM., Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Babel, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang & Pertanahan Kab. Bangka Tengah, Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Babel, Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Babel, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Babel, Kepala Balai Pelaksana Pemilihan Jasa Konstruksi (BP2JK) Babel, Kepala SNVT Penyediaan Perumahan Babel, Ketua LPJK Babel, Para Ketua Asosiasi Badan Usaha dan Asosiasi Profesi, Para Kepala SMK, Peserta Uji Sertifikasi TKK Terampil di DPUPR Kab. Bangka Tengah (25 orang), dan Peserta Uji Sertifikasi TFL Program BSPS Babel (25 orang).

Sertifikasi Kompetensi yaitu proses pemberian sertifikat kompetensi yang dilakukan secara sistematis dan obyektif melalui Uji Kompetensi yang mengacu pada Standar Kompetensi Kerja baik yang bersifat Nasional, Khusus maupun Internasional. Dengan memiliki Sertifikat Kompetensi maka seseorang akan mendapatkan bukti pengakuan tertulis atas kompetensi kerja yang dikuasainya. Kegiatan ini terjadwal akan berlangsung tanggal 24 – 25 Agustus 2020. Di SMK Negeri 2 Pangkalpinang, siswa-siswi yang mengikuti sertifikasi kompetensi ini dari Kompetensi Keahlian Bisnis Konstrukdi dan Properti (BKP), Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL), Teknik Pengelasan (LAS), Teknik Pemesinan (PM), dan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB).(/dcr)

 

 

Foto: