Seleksi Mandiri dan Sosialisasi PMB UNY

SMKN2 – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai bagian dari Sistem Pendidikan Nasional tujuan menyiapkan sumber daya manusia yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap sebagai tenaga terampil tingkat menengah untuk melaksanakan pekerjaan tertentu di masyarakat atau mitra dunia usaha/industri. Lulusan SMK diharapkan dapat bekerja, mengembangkan diri dengan melanjutkan ke perguruan tinggi, atau berwirausaha. Berdasarkan pendataan yang dilakukan oleh BKK SMK N 2 Pangkalpinang, sebanyak 32 % lulusan SMK N 2 pangkalpinang tahun 2018 melanjutkan pendidikan ke perguruaan tinggi yang ada di dalam maupun diluar propinsi Bangka Belitung.

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan salah satu tujuan favorit bagi lulusan SMK N 2 Pangkalpinang pada khusunya, dan dari SMA/SMK lain pada umumnya yang ada di propinsi Bangka Belitung untuk melanjutkan pendidikan. Dinas Pendidikan Propinsi Bangka Belitung memberikan dukungan terhadap hal tersebut. Langkah positif yang dilakukan yaitu adanya kerjasama dengan UNY. Kerjasama ini untuk memberikan kemudahan bagi lulusan SMA/SMK di wilayah propinsi Bangka Belitung untuk melakukan seleksi Mandiri PMB UNY secara khusus. Seleksi Mandiri dilakukan di SMK N 2 Pangkalpinang pada hari Senin, 29 Juli 2019 dengan sistem Computer Based Test (CBT).

Disamping itu juga, pada hari yang sama dilakukan sosialisasi PMB UNY 2019 dengan dihadiri kurang lebih 70 orang guru SMK N 2 Pangkalpinang. Materi sosialisasi disampaikan secara langsung oleh Wakil Rektor I UNY Prof. Dr. Margana, M.Hum. M.A.(/sm)

 

 

Foto: