Field Trip Literasi dan Lawatan Budaya Tahun 2021

SMKN2 – Tahun ini SMK Negeri 2 Pangkalpinang mengadakan kegiatan Field Trip Literasi dan Lawatan Budaya, berwisata ke tempat bersejarah yang ada di Belinyu, Kab. Bangka (22/11). Ada 4 tempat yang dikunjungi dalam kegiatan field trip kali ini, yaitu Benteng Kuto Panji, Phak Kak Liang, Industri UMKM dan Pantai Penyusuk. Pemilihan tempat obyek wisata kali ini berlandaskan bahwa Benteng Kuto Panji termasuk cagar budaya yang menjadi salah satu destinasi wisata yang ada di Pulau Bangka.

Para guru, tata usaha, dan siswa berjumlah 237 orang berpartisipasi dalam kegiatan ini. Para siswa yang mengikuti field trip terdiri dari OSIS, UKS, Rohis, Pramuka, dan siswa yang sering terlibat aktif mengikuti kegiatan-kegiatan yang ada di sekolah. Sebanyak 9 bus rombongan field trip dan 5 mobil pribadi telah berkumpul di halaman sekolah pada pukul 07:00 WIB, dan nomor urut kendaraan sudah terpasang untuk keberangkatan menuju Belinyu, Bangka.

Suasana sejuk dan pemandangan hijau yang indah, menyambut kami setibanya di Benteng Kuto Panji sekitar pukul 10:15 WIB. Rombongan disambut baik oleh Pak RT Kuto Panji dan Mas Tri sebagai penjaga Benteng Kuto Panji. Kami para pengunjung mendengarkan penjelasan tentang sejarah benteng kuto panji dan diajak untuk berkeliling seluas area benteng tersebut. Disebelah benteng, terdapat kuil yang terawat sangat baik dan juga beberapa meter disisi depan kuil tersebut ada kolam berukuran cukup besar yang didalamnya terdapat ikan hias yang jumlahnya sangat banyak. 

Perjalanan dilanjutkan ke Phak Kak Liang, ditempat ini terdapat klenteng yang berdiri diarea bekas galian tambang. Saat kita memasuki diarea ini, kita akan melihat ikan-ikan air tawar dari yang berukuran kecil hingga besar. Para pengunjung pun dipersilakan memberi makan ikan-ikan tersebut dengan membeli dengan harga Rp 5.000,- per bungkusnya.

Usai dari Phak Kak Liang, perjalanan dilanjutkan ke salah satu tempat UMKM toko penjual kemplang, krupuk, dan kretek yang ada di Belinyu. Disana para siswa melihat hasil produk olahan dari ikan tenggiri asli yang dicampur beberapa bahan makanan sehingga menjadi adonan dan menghasilkan produk yang bisa diperjualbelikan.

Perjalanan dilanjutkan menuju Pantai Penyusuk. Laut yang jernih airnya, hembusan angin yang menyejukkan, ditambah cuaca yang cerah seakan mendukung kegiatan ini berlangsung. Shalat Dzuhur pun dilaksanakan dan dilanjutkan menikmati makan siang bersama sembari menikmati keindahan alam.

Setelah makan siang bersama, sesi perlombaan dimulai. Suasana sangat meriah berlangsung dalam tiap perlombaan, diikuti oleh Bapak/Ibu, para siswa, dan anak-anak. Ada lomba makan kerupuk, pecah balon, sambut piring, disini kita berlatih kekompakan, teliti, dan supportif. Pengumuman juara lomba dan pembagian hadiah diberikan kepada pemenang lomba oleh panitia kegiatan.

Acara berakhir dengan sambutan oleh M. Rafajar selaku PLT Kepala Sekolah dan ditutup do’a bersama dipimpin oleh Syaifi Aulia, S.Pd. yang diikuti oleh rombongan yang hadir pada saat ini. Ketua kegiatan field trip Fransiskus Dj., S.Pd. menuturkan harapan ” kegiatan field trip ini dapat berkelanjutan pada tahun berikutnya, agar membuka wawasan, pengetahuan akan sejarah yang ada, serta semakin menumbuhkan rasa cinta para siswa terhadap negeri kita Bangka Belitung”.(/dcr)

 

 

Foto :